Dapatkah Anda Mempelajari Taktik Politisi Dalam Pilkada?

Ajang Pilkada lalu menjadi salah satu topik yang banyak dibicarakan oleh para netizen. Tentunya, banyak sekali strategi-strategi yang terlihat dari masing-masing calon untuk memenangkan pilkada tersebut. Walaupun pilkada dilaksanakan serentak di berbagai wilayah Indonesia, tetapi pilkada Jakarta-lah yang paling banyak mendapat perhatian. Tidak hanya dari para calonnya, namun nama-nama juru bicara setiap calon pun ikut terangkat, salah satunya adalah Pandji Pragiwaksono.

Kesempatan ini akhirnya diambil oleh Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei untuk mengundang Pandji dalam web series mereka, Asumsi. Seperti episode-episode sebelumnya, mereka mencoba untuk mengulik mengenai fenomena yang terjadi dalam proses pilkada, salah satunya adalah berubahnya image sang calon. Pandji pun berusaha menjawab mengenai hal tersebut dengan teori yang ia miliki tentang nasionalisme. Menurutnya, manusia selalu memiliki lapisan-lapisan yang diperlukan untuk menunjukkan sisi dirinya yang lain. Hal ini bisa terjadi ketika pilkada. Sifat orangnya masih sama, hanya lapisan lainnya saja yang lebih terbuka.

Pandji juga mengatakan bahwa salah satu faktor sulitnya sebuah bangsa bersatu karena setiap orang memiliki asumsi tersendiri terhadap orang lain. Apakah anda setuju dengan opini tersebut?

Leave a comment

Your email address will not be published.

*