Mengenal Pasar Online Video Bersama Buzzfeed

Membicarakan soal online content industry nampaknya tidak akan lepas dari membicarakan Buzzfeed. Apalagi jika target konten adalah para millenials. Maka tidak mengherankan, jika pada Juli 2015 lalu, Buzzfeed video mendapatkan lebih dari total 1,9 milyar views melalui video-video yang mereka post di beragam platform.

Beberapa fakta menarik lainnya tenttang Buzzfeed video adalah:

  • 5 video teratas Buzzfeed sejauh ini adalah mengenai makanan
  • ‘Makanan’ juga merupakan konten video paling populer di Facebook
  • Ada sekitar 160 video yang menghasilkan lebih dari 10 juta views untuk Buzzfeed
  • Hanya 5% dari semua video views yang berasal dari Buzzfeed.com

Eksperimen Buzzfeed dalam menghasilkan konten video cross-platform juga mengajarkan kita tentang behaviour video user yang berbeda di beragam platform. Video-video Buzzfeed mendapatkan total views sebesar hampir 15,5 milyar di YoutTube, namun dari segi engagement (share, like, comments), lebih banyak di Facebook. Dari sana, kita dapat menentukan platform mana yang lebih sesuai dengan hal yang kita harapkan. Views? Atau interaksi?

Buzzfeed-Video-Content-All-Time-Views-and-Engagement

Source: reelseo.com

Aktifnya Buzzfeed dalam menciptakan konten video pun nampaknya masih sulit ditandingi oleh content sites mana pun. Dalam setahun terakhir saja, mereka telah mengunggah sebanyak 2.760 video ke YouTube dan 3.103 video ke Facebook. Lewat Vine dan Instagram pun, mereka berhasil juga mendapatkan jutaan views dan ribuan interaksi walaupun upload content mereka tidak seagresif di YouTube atau Facebook.

Namun kesuksesan terbesar Buzzfeed yang sebenarnya adalah kemampuan mereka dalam menciptakan “Community that shares” atau komunitas yang memang gemar berbagi. Jonathan Perelman, ex Buzzfeed GM Video & VP of Agency Strategy pernah mengatakan di 2014 bahwa audience berbagi video atas 5 alasan berikut:

  • Untuk bersosialisasi
  • Untuk menunjukkan bagaimana respon mereka terhadap topik tertentu
  • Untuk pamer
  • Untuk membuktikan bahwa mereka duluan yang tau akan sesuatu
  • Untuk membuat teman atau kenalan, tertawa

Walaupun, dalam pengembangannya, ada juga video-video yang memang lebih membangkitkan sisi emosional ataupun nostalgia para penontonnya.

Formula kesuksesan Buzzfeed dalam menciptakan konten selengkapnya bisa dibaca di tautan ini.

Lalu apa artinya bagi para pelaku industri konten video di tanah air?

Jika berbicara soal industri, maka kita tidak akan lepas dari membicarakan tiga sisi, yaitu Produsen, Konsumen, dan Distributor. Berikut kesimpulan peranan yang perlu diambil di masing-masing pihak:

  1. Produsen, dalam hal ini, video creator. Perlu memahami bahwa konten yang baik saja tidak akan cukup untuk mempertahankan audience. Belajar dari Buzzfeed, kreator yang baik juga wajib memiliki konsistensi dalam berkarya dan interaksi yang baik dengan para user-nya. Ingat, akses konten online tidaklah gratis, maka jangan sia-siakan investasi waktu dan biaya yang telah diberikan oleh audience Anda.
    Bagi yang belum memiliki audience, coba analisa konten Anda, definisikan audience seperti apa yang Anda incar, lalu temukan jalur distribusi yang tepat untuk mencapai mereka.
  1. Konsumen, dalam hal ini, video audience. Karena industri online content di Indonesia masih relatif baru, akan ada banyak keterbatasan yang disajikan oleh para kreator. Berikan kritik yang membangun, saran serta masukan yang mampu mendorong industri ini menjadi lebih baik bagi kita semua. Membanding-bandingkan konten, sangat wajar kok selama dilakukan atas dasar ekspektasi konten yang lebih baik.

Setiap audience online memiliki kemampuan untuk menentukan konten seperti apa yang paling cocok baginya.           Karena itu, jadilah konsumen yang cerdas dengan tidak hanya sekadar ikut-ikutan trend. Masih ada puluhan               ribu pilihan konten yang tersedia di dunia online setiap menitnya untuk Anda pilih.

  1. Distributor, dalam hal ini, media. Harus diakui, sektor distribusi konten video online di Indonesia masih berbentuk embrio. Itulah sebabnya banyak sekali konten yang menarik, namun tidak tersampaikan ke audience yang tepat. Kami di Pidioo sangat berharap bahwa portal ini dapat dijadikan titik temu yang menyenangkan antara para kreator dan konsumen. Maka dari itu, jika Anda menemukan konten-konten yang menarik, atau justru merupakan kreator dari konten online, beritahu kami, agar kami bisa menyampaikan konten-konten itu ke audience yang tepat.

Jadi, sudah siapkah Anda menjadi Buzzfeed yang berikutnya?

PS: Anda bisa kontak kami dengan mention di Twitter (@pidioo) atau di Facebook (@pidiocom).

Leave a comment

Your email address will not be published.

*